Selasa, 26 Februari 2013

Kube Agro Wisata Kelok 44


Meskipun belum diresmikan secara umum, di sepanjang Kelok 44 Nagari Matua Mudiak telah berdiri organisasi kemasyarakatan terutama para pedagang kecil di jorong Kuok III Koto dengan diberi nama Kube “ Agro Wisata Kelok 44” dengan jumlah anggota saat ini sebanyak 20 orang anggota.
Kelompok Usaha Bersama “ Agro Wisata Kelok 44” merupakan organisasi para pedagang kecil  sepanjang kelok 44 di wilayah nagari Matua Mudiak kecamatan Matur. Tujuan Organisasi ini untuk lebih mempererat hubungan silahturahmi sesama pedagang / warung, gotong royong, rasa kebersamaan dan menjadikan kelok 44 sebagai daerah tujuan wisata yang Aman, bersih dan santun.

Dengan dibentuknya organisasi yang muncul dari keinginan para pedagang ini dapat lebih meningkatkan kunjungan para wisatawan ke nagari Matua Mudiak dan menambah pendapatan dalam perbaikan ekonomi anggota.
Kegiatan yang telah dilaksanakan oleh kelompok yaitu saling mengunjungi / bersilahturrahmi ke masing masing warung secara bergantian setiap 2 minggu sekali, tentunya dengan menyajikan makanan khas di masing masing warung. Secara berorganisasi Kube “ Agro Wisata Kelok 44” memiliki kepengurusan dan AD &ART
Dalam setiap pertemuan sesama pedagang saling berdiskusi dalam meningkatkan pelayanan terhadap para pengunjung / wisatawan. Dalam pertemuan yang juga dihadri oleh walinagari Matua Mudiak memberikan arahan serta saran kepada anggota “ agar setiap warung dapat menyediakan tempat sampah dan selalu menjaga kebersihan lingkungan, dan masing masing warung memiliki makanan khas yang berbeda , dan memperbanyak tanaman hias di lingkungan berdagang.”
Diharapkan kedepanya Kelompok ini bertambah maju dan tentunya pemerintah dapat membantu dan memberikan arahan agar lebih baik kedepan.
Menurut rencana Kube ini dapat diresmikan Oleh Bupati Agam dan mengundang Dinas Instansi terkait seperti Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Dinas Koperindag, Pertanian dan lain lain.** 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar